Rabu, 11 Maret 2009






KRITIK KARYA ARSITEKTUR
Teori Arsitektur 2






Do You Know Castle in Kumamoto?



Ini adalah sebuah istana atau castle yang terletak di daerah Kumamoto, Jepang.Merupakan salah satu bangunan bersejarah yang ada di Jepang. Bangunan ini dibangun pada abad pertengahan, dibangun oleh Kiyomasa Kato Jendral Besar pada Era Sengoku. bangunan ini memiliki tembok benteng yang sangatkuat dan membuat orang - orang yang ada di dalam benteng tersebut aman dari serangan - serangan musuh dari luar benteng. Saking kuatnya, benteng ini susah untuk dirobohkan musuh. Seperti bangunan - bangunan bersejarah lainnya, castle ini juga direnovasi, castle ini direnovasi pada tahun 1960, dan sekarang sudah dibuka untuk kalangan umum, untuk sekedar kunjungan.

Kalau dilihat dari struktur bangunannya, menurut saya, castle ini tergolong bangunan yang kokoh dan kuat. Yah tidak heran, namanya juga benteng pertahanan. Dibuat tinggi dan kokoh, dengan pondasi menggunakan bebatuan yang besar - besar. Dan saya rasa, kalau saya ikut nimbrung dalam pembangunan benteng ini, maka saya akan merasa, "Mateng di tempat" karena saya merasa pasti super sulit banget, membangun benteng seperti ini. Saya merasa kagum dan "gumun" saat melihat bangunan ini.

Bagaimana bisa arsitek jaman dahulu bisa mendesign bangunan seperti ini, kokoh, strukturnya bagus, keren, cool, keren abis deh. Sekarang Castle Kumamoto ini adalah semacam tempat untuk wisata dan semacamnya. Mungkin kalau menara pada benteng ini sedikit dipertinggi dan tentunya strukturnya juga diperkuat, mungkin akan terlihat lebih keren. Bangunan - bangunan seperti inilah yang harus dipertahankan. Sekian, terima kasih.


SEPTIAWAN BAGUS PANGLIPUR
21081269

Tidak ada komentar:

Posting Komentar